Senin, 08 November 2010

Proyek Poliklinik RSU Kardinah Dicek

Proyek Poliklinik RSU Kardinah Dicek
Kamis, 28 Oktober 2010
Rekanan Harus Selesaikan Pekerjaan

TEGAL - Untuk mengecek hasil pekerjaan proyek pembangunan poliklinik RSU Kardinah Tegal, yang menghabiskan anggaran sebesar Rp Rp 5.762.000.000. Komisi II DPRD Kota Tegall melakukan pengecekan lapangan, dan ternyata terjadi keterlambatan realisasi. Kendari hanya sekitar 2 persen, tapi PT Bangun Cipta Mandiri diminta untuk bisa menyelesaikan pekerjaan tepat waktu. Namun dengan satu catatan, kualitas dan mutu harus tetap dijaga.

Sekretaris Komisi II DPRD Kota Tegal, Kusnendro ST, saat dikonfirmasi disela-sela pelaksanaan tinjauan, mengatakan, secara prinsip pihaknya cukup bangga dengan prestasi yang diperoleh rekanan poliklinik RSU Kardinah. Kendati secara prosentase ketinggalan, tapi semua material sudah siap. Sehingga keterlambatan saat inbi diharapkan dalam minggu ini bisa terkejar, dan pekerjaan bisa selesai sebelum masa kontrak berakhir.

Dijelaskan, sesuai kontrak yang telah ditanda tangani, kontrak kerja proyek ini mulai tanggal 9 Juni, dan akan berakhir pada 6 Desember 2010. Sehingga masih ada waktu sekitar 7 minggu lagi, untuk bisa menyelesaikan pekerjaan. Namun pihaknya tetap mengingatkan pada rekanan, agar hasil pekerjaan bisa sesuai dengan bestek. Sehingga kualitas yang diraih saat ini minimal dipertahankan, tapi kalau bisa ditingkatkan.

"Karena menjelang finishing, maka kami bersama rombongan akan melakukan tinjauan. Dengan harapan, hasil pekerjaan benar-benar sesuai yang diharapkan," kata Kusnendro.

Direktur PT Bangun Cipta Mandiri, Drs H Suprianto, mengungkapkan, pihaknya akan berusaha semaksimal mungkin, agar pekerjaan bisa selesai sebelum tanggal 6 Desember 2010. Makanya sudah beberapa minggu lalu, pihaknya menambah jam kerrja atau lembur. Selain itu, minggu ini pihaknya juga kembali menambah tenaga kerja (Naker) sekitar 28 orang. Awalnya ada sekitar 132 Naker, tapi saat ini jumlah Naker menjadi 160 orang.

"Saat ini pekerjaan tinggal pemasangan alat pabrikan, sehingga kami sangat optimis pekerjaan bisa selesai tepat waktu. Soal kuyalitas pekerjaan, kami terbuka untuk dicek. Karena dalam realisasinya, kami selalu berpegangan dengan bestek dan gambar yang telah ada," ungkap Suprianto.

Sebelumnya, Wakil Ketua Fraksi PAN Peduli Rakyat, Abdullah M Sungkar, secara obyektif menyatakan hasil pengerjaan proyek Poliklinik RSU Kardinah cukup bagus. Namun ada beberapa catatan yang perlu diperhatikan, untuk pengembanganan RSU Kardunah kedepan. Selain masalah desain struktur, agar lebih disederhanakan. Dan organisasi ruang seharusnya bisa fleksible, serta akses sibilitas (kelur masuk) lebih tinggi.
"Harapan kami perencanaan struktur dan organisasi ruang bisa dipertimbangkan. Apalagi bangunan rumah sakit, yang merupakan ruang publik," ungkap Sungkar.

Tidak ada komentar: