Senin, 08 November 2010

Kali Bacin Dikembangkan Sebagai Objek Wisata Air

Kali Bacin Dikembangkan Sebagai Objek Wisata Air

Tegal (ANTARA News) - Pemerintah Kota Tegal, Jawa Tengah, akan mengembangkan Kali Bacin sebagai objek wisata air dengan menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah 2011, kata Wali Kota Tegal, Ikmal Jaya.

"Diharapkan (objek wisata air) dapat meningkatkan pendapatan asli daerah," katanya di Tegal, Senin.

Selain itu, katanya, Kali Bacin sebagai tempat wisata mendorong kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungan sungai agar tetap bersih dan sehat.

Ia mengaku, sudah berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait seperti Dinas Pekerjaan Umum dan Bagian Ekonomi dan Pembangunan Sekretaris Daerah Pemkot Tegal untuk mengkaji tentang proyek tersebut.

Selain itu, katanya, koordinasi dengan Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan, dan Pariwisata dengan instansi lainnya untuk menyukseskan dan mengelola objek tersebut.

Kali Bacin, katanya, selain sebagai objek wisata juga direncanakan menjadi kolam saring untuk berbagai keperluan lainnya.

Ketua Himpunan Keluarga Besar Maritim Kota Tegal (Hikmat), Wardjo Rahardjo, menyatakan perlunya pemkot setempat mempercepat realisasi pembangunan Kali Bacin sebagai objek wisata.

"Agar pemanfaatan sungai menjadi percontohan untuk kawasan lainnya," katanya.

Ia mengatakan, proyek Kali Bacin itu menjadi acuan bagi pengembangan sungai baik di Tegal maupun daerah lain.

"Tentu kalau berhasil, hal ini akan memberikan sumbangan positif terhadap masyarakat di sekitar sungai lainnya," katanya.

Pengembangan Kali Bacin sebagai objek wisata, katanya, juga akan meningkatkan kehidupan ekonomi masyarakat setempat.

"Apabila tempat tersebut terealisasi, pemerintah juga segera menyikapi tentang adanya `pasar kaget` yang buka setiap Minggu pagi di depan gedung dewan perwakilan rakyat daerah, untuk memindahkan ke lokasi Kali Bacin, agar tempat tersebut ramai dikunjungi wisatawan sehingga menaikan PAD," katanya.(*)

Tidak ada komentar: